Sawiyah Pengidap Tumor Ganas Butuh Uluran Tangan Dermawan

Sawiyah yang mengindap penyakit tumor ganas warga Meureubo - Meulaboh | Foto : Ist

Sawiyah yang mengindap penyakit tumor ganas warga Meureubo – Meulaboh | Foto : Ist

BFLF.or.id | MEULABOH – Sawiyah (52) warga Meureubo Kabupaten Aceh Barat mengindap penyakit tumor ganas yang sangat memprihatinkan membutuhkan uluran tangan dermawan untuk kelanjutan pengobatannya.

Hampir tak bisa dikenali lagi sebagian wajahnya telah ditutupi akibat penyakit yang dideritanya sejak 2005. Hal tersebut sebagaimana diceritakan oleh Anggota Blood For Life Foundation (BFLF) Meulaboh, Maya dihalaman facebook untuk mengalang dana.

Team BFLF Meulaboh yang mengunjungi Sawiyah dikediamannya di daerah Meureubo, Sabtu 26 November 2016.

Sawiyah, ibu tiga anak ini pada awalnya sekitar tahun 2005, wajah Sawiyah hanya terantuk dengan kepala anak bungsunya hingga dibagian hidung terlihat lembam kebiru-biruan dan tulang hidungnya patah.

“Muka ibu Sawiyah terantuk dengan kepala anaknya yang kecil dibagian hidung tulangnya patah dan menyebabkan lembam dihidung serta kebiru-biruan kemudian berobat di kampung karena tidak ada biaya,” Ujar Maya.

Kemudian, kondisinya semakin parah, Sawiyah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh. Saat itulah Sawiyah divonis mengidap penyakit tumor, dan harus menjalani kemoterapi serta dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh.

Sejak saat itu juga belum ada kabar yang mengembirakan untuk Sawiyah, padahal Sawiyah telah dirujuk ke RSUDZA milik provinsi Aceh, hingga Sawiyah kembali dirujuk dari RSUDZA Banda Aceh ke Rumah Sakit Umum Adam Malik yang berada di Medan.

Sampai saat ini, Sawiyah sudah melakukan kemoterapi selama 4 (empat) kali dari total kemoterapi yang harus dijalani Sawiyah sebanyak 35 kali di RSU Adam Malik Medan.

Lantaran tidak ada biaya, Sawiyah terpaksa berhenti melakukan kemoterapi sementara penyakit yang dideritanya tersebut terus membuat Sawiyah kesulitan melihat dan mengalami rasa sakit.

“Saat ini kondisi ibu Sawiyah semakin memburuk karena tumor ganasnya mulai menjalar ke tengkorak bagian dalam, mataa ibu Sawiyah sudah dipenuhi oleh tumor sehingga ibu Sawiyah sudah tidak bisa melihat lagi,” kata Maya.

Kondisi Sawiyah semakin hari semakin memburuk, Sawiyah pun tidak bisa begitu bebas untuk beraktifitas karena Sawiyah harus berada selalu dalam kelambu yang berada dikamarnya untuk tidak dikerumunin lalat menghindari persinggahan lalat pada bagian wajah yang terjangkit tumor ganas.

Sawiyah saat masih sehat | Foto : Dok. Sawiyah

Sawiyah saat masih sehat | Foto : Dok. Sawiyah

“Ibu Sawiyah harus berada dalam kelambu untuk menghindari persinggahan lalat. Ibu Sawiyah sering merintih kesakitan karena keadaan beliau yang sudah sangat memprihatinkan akibat terjankrit tumor ganas,” Papar Maya

Saat mengetahui team BFLF Meulaboh, mengunjungi kediamannya Sawiyah bahkan salah satu dari team BFLF Meulaboh tersebut sangat dikenal oleh Sawiyah lantaran kawan dekat anak pertama Sawiyah.

Sambil merintih kesakitan, Sawiyah mengatakan kepada team BFLF Meulaboh “Beginlah kondisi ibu nak, mohon doanya agar ibu cepat sembuh,”

Selain mengatakan hal demikian dalam kondisi Sawiyah yang sangat prihatin tersebut, Sawiyah masih sempat berpesan kepada team BFLF Meulaboh agar tidak meninggalkan shalat. “Jangan pernah meninggalkan shalat ya nak.”

Sawiyah sangat ingin melanjutkan pengobatannya tetapi hal tersebut menurut Sawiyah tidak mungkin dilakukan lagi lantaran kehidupan ekonominya kurang mampu, apalagi kemoterapi yang harus dilakukannya tersebut berada di Medan tentu ha ini membutuhkan biaya. Bukan untuk sekali keberangkatan namun untuk kemoterapi yang harus dilakukan tersebut berjumlah 35 kali kemoterapi dan terhenti setelah melakukan kemoterapi yang ke empat.

Fto Ibu Sawiyah bagian hidungnya sudah mulai membengkak

Foto Ibu Sawiyah bagian hidungnya sudah mulai membengkak

Ketua Blood For Life Foundation (BFLF) Pusat, MichaelO Alexander Chan langsung merespon begitu mengetahui kondisi Sawiyah. Michael berkomunikasi dengan Plt Bupati Aceh Barat melalui WhatsApp.

“Kondisi ibu Sawiyah sudah kita langsung informasikan melalui WA kepada Bapak Plt Bupati Aceh Barat dan beliau sampaikan terima kasih kepada BFLF Meulaboh yang telah membantu dan memberikan informasi.” Ujar Michael

Lanjut, Michael “BFLF berharap bapak Plt Bupati Aceh Barat dan jajaran membantu pengobatan ibu Sawiyah. Serta untuk Masyarakat Aceh agar dapat memberikan informasi kepada pemerintah daerah setempat atau BF LF kalau ada warga masyarakat yang dari kaum dhuafa yang mempunyai keterbatasan untuk berobat dan di rujuk RSUZA ke Banda Aceh.”

“Mudah-mudahan dengan saling bergandengan tangan kita dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan kita, sehingga tidak ada lagi masyarakata yang tidak dapat berobat dengan keterbatasan biaya transportasi, tempat tinggal sementara dan biaya makan selama proses pengobatan,” Harap Michael

Bagi saudara-saudari yang ALLAAH gerakkan hatinya untuk ingin membantu ibu Sawiyah maka dapat menghubungi Anggota Team BFLF Meulaboh Saudari, Maya (HP : +6282168614454) dan atau juga Ketua BFLF Pusat, MichaelO Alexander Chan (HP : +6281260852973). Untuk bantuan dapat mengirim ke nomor rekening 3340-01-022415-53-5, Bank BRI atas nama Blood For Life Foundation.[]OOS

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *