RSUZA Resmikan Ambulans Pasien Transfusi Darah

BANDA ACEH – Wakil Direktur (Wadir) Pelayanan Medis RSUZA Banda Aceh, Dr dr Azharuddin SpOT (K) Spine FICS meresmikan satu unit ambulans untuk pasien talasemia, hemofilia dan kanker anak di Ruang Inap Talasemia, Jumat (9/1). Ambulans khusus untuk menjemput dan antar pasien yang berobat rutin.

“Kendala selama ini, pasien tidak bisa mengontrol secara rutin sesuai anjuran dokter, sebab terkendala biaya transportasi,”  jelas dr Azharuddin seraya menyebutkan ambulans itu dibantu Blood For Life Foundation (BFLF) Aceh. “Saat ini semua pasien ditanggung BPJS, tapi untuk transportasi belum ada regulasinya,” katanya.

Ia menambahkan, bagi penderita talasemia, hemofilia, dan kanker anak, hampir seumur hidup harus melakukan transfusi darah secara teratur di rumah sakit. “Apabila penanganannya bagus, maka anak-anak itu bisa hidup normal. Begitu juga sebaliknya, apabila tidak transfusi darah, gimana mau sekolah, karena  ngantuk, lemas, pucat, lama-lama perutnya membesar,” ujarnya.

Menurutnya, selama ini ada beberapa pasien yang tidak teratur melakukan transfusi darah karena terkendala biaya transportasi. Dia berharap, juga ada bantuan dari masyarakat, maupun swasta dan pemerintah untuk membantu ambulans lainnya khusus bagi pasien tersebut agar bisa datang berobat tepat waktu.

Sementara Ketua Umum BFLF Aceh, Michael Octaviano SSTP mengatakan, keluarga pasien dapat menghubungi pihaknya jika ingin ke rumah sakit untuk transfusi darah. “Nanti akan kita jemput dan antar kembali setelah transfusi darah. Keluarga dapat menghubungi nomor 085260474733 atas nama Popy dan 081260852973 (Michael),” demikian Michael yang menambahkan ambulans tersebut diperoleh dari aspirasi mantan anggota DPRA, Safwan Yusuf ke BFLF yang digunakan untuk pasien talasemia, hemofilia, dan kanker anak.(una)

Editor: bakri

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *