3 Kegiatan Kumpulkan Darah 126 Kantong

BANDA ACEH – Siswa SMK Negeri 1,2, dan 3 Banda Aceh serta mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh mengumpulkan darah 126 kantong secara terpisah, Selasa (17/2).

Darah yang terkumpul masing-masing di tiga tempat tersebut, yaitu di SMK terkumpul darah 87 kantong, UIN Ar-Raniry sepuluh kantong, dan FK Unsyiah 29 kantong yang bekerjasama dengan Instalasi Transfusi Darah (ITD) Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh dan Blood For Life Foundation (BFLF).

Menurut Ketua Umum BFLF, Michael Octaviano donor darah di FK Unsyiah, pada 17 dan 18 Februari 2015 dalam rangka memperingati hari kanker dunia.

Sementara Kepala Humas dan Perekrutan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) pada Unit Donor Darah PMI Banda Aceh, Zulfahmi AMT kepada Serambi mengatakan donor darah yang digelar di UIN Ar-Raniry merupakan kegiatan rutin yang setiap bulan mereka laksanakan. “Di SMK baru pertama kalinya dilakukan, kedepan mereka berkomitmen akan melaksanakan secara rutin kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Sehari sebelumnya, Senin (16/2), kata Zulfahmi kegiatan serupa juga dilaksanakan di SMK Negeri 1,2, dan 3 dengan mengumpulkan darah 107 kantong. Sedangkan di UIN Ar-Raniry darah terkumpul 12 kantong.

Sementara itu, pada Sabtu (14/2), PT Armada Banda Jaya kembali mengadakan showroom event dengan tema “Setetes Darah Anda, Kehidupan Bagi Mereka”. Pada kesempatan itu, pihak PT Armada Banda Jaya bersama Ertiga Club Indonesia (ERCI) Aceh Chapter bersama Blood For Life Foundation (BFLF), customer suzuki serta calon customer di Banda Aceh dan sekitarnya melaksanakan donor darah sehingga darah yang terkumpul 33 kantong.

Branch Manager Suzuki Armada Banda Jaya, Khairul Misbah mengatakan darah yang terkumpul itu untuk penderita thalassemia di Aceh. “Semoga dengan bakti sosial ini bisa meringankan beban anak-anak kita sebagai penderita thalassemia dan bisa mengetuk pintu hati masyarakat Aceh bahwa mereka sangat perlu diperhatikan,” tulis Khairul lewat siaran pers kepada Serambi kemarin.

Menurutnya, pada kesempatan itu, PT Armada Banda Jaya menyerahkan bingkisan kepada 30 anak penderita thalassemia, namun hanya delapan orang yang hadir. Karena itu, sisanya akan diserahkan kepada mereka saat berobat ke rumah sakit.

Sementara itu, Ketua BFLF, Michael Octaviano selaku mengatakan kini di Aceh terdapat 250 lebih anak penderita thalassemia. Setiap anak membutuhkan dua kantong darah per bulannya. (una/avi)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *